Resep Masak Bumbu Pecel Khas Madiun Yang Enak

 on Rabu, 26 Januari 2022  

Bumbu Pecel Khas Madiun

Anda sedang mencari inspirasi resep Bumbu Pecel Khas Madiun yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bumbu Pecel Khas Madiun yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bumbu Pecel Khas Madiun, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bumbu Pecel Khas Madiun enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Bumbu Pecel Khas Madiun adalah 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bumbu Pecel Khas Madiun sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bumbu Pecel Khas Madiun memakai 11 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dalam rangka menghabiskan kacang yg siap makan Di lemari,heheh Jadi, Kepikiran untuk bikin bumbu pecel ini, kebetulan juga pengen ketoprak udah Beli bihunnya Dan tahu eh tapi ga Beli toge 😅 lupa.. Lihat resepnya mba Lingga Ada resep ketoprak jadi Pingin bikin juga.. Trus Di resepnya mba Lingga katanya bisa pakai bumbu pecel.. sekalian Aja Kan .. Hehe .. Terakhir makan ketoprak bikin sendiri tahun 2016 Pas hamil abang F , Pas tahun 2017 pulang ke Indonesia Beli Di abang" ketoprak Pas Pulang Dari puskesmas Sama mama. Sekarang Belum pernah makan lagi. Heheh . Mungkin Akan Kali yaa. Saya Bikin Bumbu pecel ga banyak.. kacangnya cuma Ada 250 gram Pas bgd diresep yg saya recook ini Hehe.. Kencur yg saya pakai kencur bubuk ya.. Kacang yang saya gunakan ini sebenernya sudah matang Dan bisa langsung makan tapi saya masak Lagi yaa diresep ini.. Source : Ummi Ummar (Bukit tinggi,sumbar) Makasih ya uni resepnya..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bumbu Pecel Khas Madiun:

  1. 250 gram Kacang tanah (saya 250 gram dry roasted peanuts)
  2. Bumbu halus:
  3. 10 cabe Merah Keriting (saya 1sweet pepper =120 gram), potong2
  4. 4 buah Bawang Putih (saya 5 buah Bawang Putih)
  5. 7 lembar Daun jeruk frozen, buang tulang daunnya
  6. 75 gram Gula Merah (saya 80 gram Gula Merah)
  7. 1 ruas kencur (saya 1 Sdt kencur bubuk)
  8. 1/2 sdt Asam Jawa Tanpa Biji
  9. Secukupnya Garam
  10. 1 sdm minyak untuk menggoreng kacang
  11. 1 sdm Minyak untuk menggoreng cabai, bawang putih Dan daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Bumbu Pecel Khas Madiun

  1. Goreng kacang dengan Minyak sedikit. Aduk2 supaya ga gosong yaa. sisihkan hingga dingin kacangnya.
  2. Goreng dengan minyak cabe merah(sweet pepper), bawang putih, dan daun jeruk hingga layu. Tujuannya supaya bumbu jadi awet.
  3. Haluskan kacang (dry roasted peanuts). sisihkan. Tambahkan kencur bubuk (seharusnya tadi ditambakan Pas digoreng sekalian Sama bumbu halus tapi saya lupa. Jadi saya tambahkan Pas kacang sudah dihaluskan, Dan nanti setelah semua tercampur Di masak Lagi bumbu pecel nya supaya lebih lebih awet)😊
  4. Haluskan cabe, bawang putih, daun jeruk. Tambahkan asam jawa Tanpa Biji, garam, dan gula merah. Setelah selesai dihaluskan campurkan ke kacang yang sudah dihaluskan tadi. aduk Hingga merata.
  5. Panaskan wajan, masak bumbu Pecel dengan panas kompor sedang (saya gunakan no 3) sambil terus Di aduk yaa... hingga keliatan minyak dan adonan agak berat Bila diaduk. Sisihkan. Tunggu hingga bumbu dingin (foto kedua ini udah dingin jadi ga keliatan minyaknya)
  6. Alhamdulillah bumbu pecel sudah jadi Dan Siap digunakan, enak bgd Masya Allah... Ini saya timbang masing2 100 gram yaa. Hasil yg didapat 4 bungkus. Pengemasannya saya pakai cling wrap/plastik wrap Aja. Ditutup hingga rapat. Bisa diletakkan Di Dalam kulkas/ freezer kalau mau tahan lama yaa..
  7. Kalau ingin pakai tinggal ambil satu bungkus, keluarkan Bumbu pecel lalu campur bumbu pecel dengan air panas secukupnya.bisa dimakan bareng sayur atau buat bumbu ketoprak juga oke.
  8. Kacang yg saya pakai (fig.1). Sweet pepper/cabai Merah (fig.2)

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Bumbu Pecel Khas Madiun yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

J-Theme